Perbedaan tugas dan tanggung jawab antara pihak Online Shop dengan pihak JNE, POS, TIKI, J&T, DLL
Jika masih ada yang belum mengerti tugas dan tanggung jawab online shop terhadap customer, berikut ini saya jelaskan beberapa point penting yang wajib anda fahami.
Karna masih seringnya saya mendengar masih ada saja keluhan dari beberapa rekan sesama online shop maupun keluhan langsung dari pihak pembeli yang umumnya jika barang pesanannya lama sampai selalu yang dikejar-kejar pihak online shop. Bukannya mau menyalahkan pihak ekspedisi atau menghindar dari komplain pembeli yang paketnya lama sampai, tapi disini saya mau memberikan penjelasan singkat saja, khusus bagi anda yang belum mengerti tugas dan tanggung jawab antara pihak online shop dengan pihak ekspedisi termasuk hak dan kewajiban pembeli.
Dalam penjelasan ini pihak penjual kita sebut sebagai pihak online shop, sedangkan pihak customer kita sebut pihak pembeli dan pihak JNE, POS, TIKI dan jasa ekspedisi lainnya kita sebut sebagai pihak pengiriman barang.
Untuk mengurangi pertanyaan :
Kapan paket sampai ? kok paket saya belum sampai ya ? kira-kira paket saya sampai rumah hari apa dan jam berapa ya ? yang anter paket saya posisi udah dimana sekarang ? boleh minta pin bbm mas kurir ga ?
Silahkan baca terlebih dahulu informasi berikut ini :
Tugas & Tanggung Jawab Online Shop Terhadap Pembeli :
- Menjawab berbagai pertanyaan pembeli yang berkaitan dengan produk yang dijual
- Merespon pesan yang masuk dari berbagai contact yang tersedia (sms, bbm, wa, dll)
- Memberikan informasi warna, ukuran dan informasi yang berkaitan dengan produk yang dijual secara jelas di deskripsi iklan
- Konfirmasi ketersediaan produk
- Menginformasikan ketersediaan rekening dan layanan pengiriman yang digunakan
- Memberikan informasi tarif ongkos kirim
- Memberikan perincian totalan yang harus dibayar pembeli
- Memastikan dan melakukan proses penagihan pembayaran ke pihak pembeli
- Melakukan pengecekan isi paket sebelum diantar ke pihak pengiriman barang, untuk memastikan bahwa isi paket sesuai dengan yang dipesan pembeli dan dalam keadaan baik/tidak rusak.
- Mengantar paket pesanan pembeli ke biro pengiriman barang
- Memberikan informasi nomor resi pengiriman barang ke pembeli
- Menjaga kerahasiaan data pihak pembeli yang menggunakan sistem dropship
- Tidak mencantumkan nama dan nomor telpon pribadi jika ada yang menggunakan sistem dropship
- Tidak mempublikasikan data alamat dan nomor telpon pembeli secara umum
- Merespon komplain yang diajukan pembeli jika barang yang diterima pembeli tidak sesuai atau kurang dari total pesanan.
Tugas Tambahan Online Shop Terhadap Pembeli :
- Memantau status paket via resi
- Membantu pihak pembeli komplain ke pihak pengiriman barang jika paket ngaret atau melebihi waktu estimasi barang sampai
Tanggung Jawab Pembeli Terhadap Online Shop :
- Membayar biaya barang yang dipesan
- Membayar biaya ongkos kirim, termasuk membayar asuransi pengiriman barang jika digunakan
- Memberikan penjelasan jika tidak jadi order
- Memberikan laporan penerimaan barang
Hak Pembeli Terhadap Online Shop :
- Menanyakan ketersediaan ukuran, warna dan informasi lainnya yang berkaitan dengan produk yang ingin dipesan
- Minta perincian harga produk yang dipesan dan biaya ongkos kirim
- Menerima informasi resi pengiriman barang
- Komplain jika barang yang dipesan tidak sesuai atau kurang jumlahnya
Hak Pembeli Terhadap Pihak Pengiriman Barang :
- Mengajukan komplain dengan menyertakan resi pengiriman jika paket lama sampai atau melebihi waktu estimasi barang sampai
- Mengajukan klaim jika isi paket ada yang hilang, rusak/hancur yang disebabkan oleh berbagai faktor kelalaian pengiriman, jika menggunakan layanan asuransi pengiriman dan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku.
Tugas Dan Tanggung Jawab Pihak Pengiriman Barang Terhadap Customer :
- Mengantar paket sampai ke alamat tujauan dan diterima oleh yang bersangkutan
- Merespon jika ada laporan paket belum sampai ke alamat tujuan
- Merespon jika ada laporan paket yang statusnya sudah sampai tapi belum diterima oleh yang bersangkutan
- Bertanggung jawab atas klaim yang diajukan customer yang menggunakan layanan asuransi, sesuai dengan ketentuan yang berlaku
NB :
Jika ada kesalahan atau kekurangan penulisan silahkan informasikan hal itu kepada kami.
0 komentar:
Post a Comment
Seluruh gambar, artikel ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber.
Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami.