Mendapatkan ulasan positif dari pelanggan adalah salah satu kunci sukses untuk membangun bisnis Online.
“Empat tahun lalu, saya tidak tahu banyak tentang menjalankan bisnis. Tapi saya yakin tentang satu hal: Saya ingin pembeli saya bahagia pada setiap pengalaman yang mereka miliki dengan toko saya”, ujar salah satu penjual online yang menjual produk undangan custom.
Dari pernyataan tersebut, terlihat bahwa prinsip layanan pelanggan utamanya sangat sederhana, yaitu selalu memastikan pembeli dilayani dengan baik saat sedang melakukan pembelian bahkan hingga transaksi selesai, terlepas dari skala pembelian yang mereka lakukan.
Yuk, kita lihat beberapa trik yang bisa Anda praktekkan agar potensi pembeli memberi ulasan positif lebih besar.
- Perlakukan setiap pembeli seperti mereka adalah pembeli pertama Anda
Keberhasilan toko Anda tergantung pada orang-orang yang berbelanja di toko Anda. Usahakan untuk tidak pernah membiarkan pesanan hanya lewat tanpa ada pendekatan pelanggan secara pribadi. Ungkapkan rasa terima kasih Anda, karena ucapan terima kasih atau biasa disebut “thank-you note” tidak hanya merupakan cara yang bagus untuk menyampaikan seberapa besar Anda menghargai dukungan mereka. Selain itu, pelanggan juga akan merasa “dihargai” oleh Anda sehingga besar kemungkinan mereka akan mendahulukan toko Anda dibanding yang lain ketika ingin melakukan pembelian selanjutnya.
- Jadilah toko yang jujur
Ketika Anda fokus pada pengambilan foto produk yang menarik dan penulisan deskripsi produk yang memikat, Anda dapat dengan mudah mengabaikan pertanyaan-pertanyaan penting ini; “Apakah pelanggan Anda benar-benar tahu apa yang akan mereka terima setelah melihat daftar produk Anda?”. Foto dan deskripsi produk harus menetapkan harapan yang jelas untuk pelanggan Anda. “Apakah foto Anda menampilkan ukuran setiap produk dan apa yang akan disertakan dengan pembelian mereka? Apakah deskripsi produk Anda menjawab pertanyaan yang mungkin pembeli ajukan?”. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mencantumkan kebijakan toko Anda..
- Menangani kesalahan dengan segera
Kesalahan sangat mungkin terjadi, tidak peduli seberapa keras kita mencoba untuk mencegahnya. Tanyakan pada diri Anda, apakah layak berdebat dengan pelanggan? Apa solusi yang akan Anda inginkan jika situasinya terbalik? Ini adalah aspek yang paling menyakitkan dalam menjalankan bisnis terutama online, meskipun solusi yang terbaik sering tidak masuk akal, usahakan untuk memberi pelanggan apa yang mereka cari, dan lakukan pendekatan dengan cara-cara untuk mencegah masalah yang sama terjadi di masa depan. Meskipun hal ini tidak semudah kedengarannya, namun bisa dikatakan bahwa apa yang mungkin awalnya terasa seperti kehilangan dapat menghasilkan keuntungan yang berharga ke depan.
- Tanyakan pada diri sendiri, “Apakah ada hal lain yang bisa saya lakukan?”
Mulailah dengan mengetahui secara jelas target pasar Anda. Sehingga Anda tahu apa yang mereka cari dan bagaimana untuk menyenangkan mereka. Akibatnya, Anda mampu membuat strategi yang dapat memenuhi kebutuhan unik mereka untuk memastikan hasil terbaik. Pikirkan tentang apa lagi yang dapat Anda lakukan kepada pelanggan Anda untuk memastikan pengalaman yang luar biasa mereka saat berbelanja. Hal ini sering bermanifestasi dalam bagaimana Anda membungkus pesanan, misal pada toko undangan custom, Anda dapat menyertakan kartu kecil sebagai hadiah pernikahan atau menyertakan catatan tulisan tangan memberi selamat pasangan pada pernikahan pelanggan mendatang. Lagipula, siapa yang tidak senang menerima bonus berkesan pada pesanan mereka?
- Selalu menindaklanjuti
Strategi untuk mem-follow up pembeli setelah pesanan diproses sangat bagus untuk sejumlah alasan. Pertama, secara tidak langsung membuat pembeli untuk mengingatkan Anda jika mereka memiliki masalah dengan pesanan mereka, sehingga Anda dapat menyelesaikan masalah sebelum mereka meninggalkan review negatif. Anda juga dapat menanyakan tentang cara-cara untuk meningkatkan pelayanan toko Anda dan secara proaktif melakukan perubahan kebijakan serta alur kerja toko Anda untuk mencegah masalah serupa terjadi lagi. Korespondensi akhir Anda juga merupakan kesempatan besar untuk mendorong pembeli memberikan feedback baik bagi toko Anda. Anda dapat belajar banyak dari pelanggan Anda jika Anda bersedia untuk menggunakan ulasan dan feedback mereka untuk membuat toko Anda lebih baik.
Sumber : etsy.com, Dini Anindita
0 komentar:
Post a Comment
Seluruh gambar, artikel ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber.
Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami.