Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata branding?
Apakah brand dan branding itu sama?
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai branding, ada baiknya jika Anda mengetahui lebih lanjut definisi dari kata brand dan branding itu sendiri. Brand biasa lebih tertuju kepada nama, tanda, istilah, simbol, desain atau kombinasinya untuk mengidentifikasi dan membedakan barang atau layanan dari penjual lain (Cited in Wood 2000 p664). Sedangkan, branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam rangka membangun dan membesarkan brand (Maulana, A. E, 2010). Selain itu, branding bukan hanya tentang memenangkan hati target pasar supaya memilih brand Anda tapi lebih dari itu, pelanggan melihat brand Anda sebagai satu-satunya yang dapat memberikan solusi untuk mereka.
Ketika Anda sudah berjualan online, maka toko tersebut adalah brand Anda. Segala produk maupun pelayanan yang Anda berikan, itulah kegiatan branding untuk pelanggan Anda. Mudah bukan membedakan kedua hal tersebut?
Apakah Reseller dan Dropshipper harus melakukan branding? Atau jika tidak memiliki produk, apakah perlu branding?
Ya! Tentu saja, orang yang sudah berjualan online perlu melakukan branding untuk meningkatkan penjualan mereka. Untuk itu, banyak hal yang bisa dilakukan dalam melakukan branding terhadap toko online Anda. Branding sendiri memiliki banyak macamnya, ada Branding Produk, Branding Toko, dan Branding Publik.
Branding Produk
Melalui Branding Produk, penjual dapat memfokuskan produknya agar terlihat berbeda dengan produk dari toko lain. Sehingga produk yang ada di toko kita termasuk dalam prioritas pertama di mata calon pelanggan. Tampilan dan kualitas produk tersebut bisa menjadi kunci utama untuk menggapai target pasar dan menjangkau pelanggan yang potensial berbelanja di toko kita.
Branding Toko
Lain halnya dengan Branding Toko yang lebih fokus terhadap reputasi toko melalui tampilan toko. Toko dapat didekorasi dan dikelola semenarik mungkin sehingga calon pelanggan dapat melihat toko kita berbeda dengan yang lain dan profesional.
Branding Publik
Pandangan masyarakat merupakan salah satu hal yang dapat dimanfaatkan dalam branding ini. Cara yang dapat dilakukan dalam Branding Publik adalah memberikan pelayanan yang sangat cepat dan menarik sehingga mereka puas dan pada akhirnya merekomendasikan toko kita kepada orang lain.
Jadi, sudahkah Anda melakukan branding untuk toko online Anda?
Sumber : Liany Sri
0 komentar:
Post a Comment
Seluruh gambar, artikel ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber.
Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami.