Kepercayaan merupakan faktor terpenting bagi kelangsungan bisnis. Apalagi dalam bisnis online, kepercayaan adalah hal yang paling diandalkan, karena dalam bisnis ini pelanggan tidak langsung bertatap muka dengan penjual dan memilih produk secara langsung.
Ketakutan pelanggan untuk berbelanja di toko online sangatlah wajar, dimana mereka tidak mau mengambil resiko melakukan transaksi jual – beli dengan penjual atau pada toko online yang tidak meyakinkan. Maraknya aksi penipuan yang dilakukan oleh penjual tak bertanggung menjawab juga membuat kepercayaan pelanggan terhadap toko online kian luntur.
Berikut beberapa trik yang dapat membantu agar pelanggan tidak ragu untuk berbelanja di toko online Anda:
Foto produk dan tampilan yang berkualitas dan profesional
Tidak bisa dipungkiri bahwa kebiasaan dasar manusia adalah menilai dari apa yang dilihatnya. Terutama untuk membeli sebuah barang secara online, pasti pelanggan memiliki banyak pertimbangan, salah satunya adalah dari foto produk yang ditampilkan.
Kredibilitas toko Anda akan terlihat dari foto produk yang berkualitas. Tentunya bukan foto yang diambil dari sumber lain, tetapi foto original dari produk Anda yang tidak dimiliki toko lain. Angle, resolusi foto, dan watermark pada foto sangat berkontribusi pada kualitas foto untuk meyakinkan pelanggan.
Informasi kontak yang jelas dan resmi
Pelanggan akan merasa aman apabila mengetahui bahwa ia bisa menghubungi pemilik atau admin toko dengan mudah. Berikan beberapa pilihan media yang bisa dihubungi seperti nomor hp, email, atau menggunakan sosial media lain seperti line, whatsapp, dan sejenisnya. Usahakan untuk membuat kontak khusus untuk bisnis toko online Anda, jangan menggunakan kontak pribadi.
Cepat Dalam Merespon
Komunikasi yang baik dengan pelanggan akan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Bayangkan saja apabila respon Anda dalam menjawab pertanyaan mereka terlalu lama serta jawaban yang mereka dapat tidak memuaskan maka mereka akan menganggap Anda tidak serius dalam berbisnis. Dan bisa jadi peluang mendapatkan pelanggan hilang begitu saja.
Informasi Pemesanan yang Detail
Berikan informasi yang jelas terkait tentang cara pemesanan, pembayaran, pengepakan, sampai dengan pengiriman barang. Dengan sistem yang jelas, pelanggan akan melihat bahwa toko online anda cukup profesional dan memudahkan anda sebagai pemilik toko online untuk melakukan kegiatan jual-beli.
Sumber : Mery Christiana
0 komentar:
Post a Comment
Seluruh gambar, artikel ataupun video yang ada di blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber.
Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut.
Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami.